SMK NEGERI 1 PASIR PENYU

Jl. Jend. Sudirman Po. Box 38 Air Molek

TANGGUNG JAWAB - PEDULI - MENGHARGAI

LSP Hanya Ada di SMK Negeri 1 Pasir Penyu

Rabu, 05 Oktober 2016 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 1293 Kali

SMKN 1 Pasir Penyu satu-satunya sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang ditetapkan sebagai sekolah untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Sehingga murid yang sekolah di SMKN 1 Pasir Penyu, selain lulus dapat ijizah juga bisa memperoleh sertifikat profesi.

Sertifikat profesi ini, dapat dijadikan sebagai jaminan di tempat bekerja yang dilamar. ‘’Di Riau, hanya ada lima sekolah dan di Kabupaten Inhu hanya SMKN 1 Pasir Penyu satu-satunya,’’ ujar Kepala SMKN 1 Pasir Penyu Drs Ahmad Bastari MM, Selasa (4/10).

Penetapan SMKN 1 Pasir Penyu sebagai LSP, melalui penandatanganan kontrak antara Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) dengan LSP SMKN 1 Pasir Penyu Jumat (30/9) lalu. Sehingga dengan penandatanganan itu, di SMKN 1 Pasir Penyu sudah dapat menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi selama 14 tahun ke depan sesuai kontrak.

Untuk pelaksanaan uji sertifikasi profesi di SMKN 1 Pasir Penyu, sudah ditetapkan sebanyak lima orang guru. Dimana, jurusan yang tedapat uji sertifikasi profesi ini yakni untuk jurusan Akribisnis Tanaman Pangan Holtikultura (ATPH), Teknologi Pengelolaan Hasil Pertanian (TPHP), Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dan Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP).

Ketika sudah ada penetapan sebagai penyelanggaran LSP, kepada murid kelas XII juga diterapkan. ‘’Hasil uji sertifikasi profesi terhadap murid kelas XII belum keluar. Karena penetapan lulusnya tetap dari BNSP pusat,” ucapnya.

Pihaknya belum bisa menerima siswa di luar SMKN 1 Pasir Penyu untuk uji profesi. Karena untuk pelaksanaan uji sertifikasi profesi perdana belum diketahui hasilnya. Selain itu juga, belum diketahui berapa lama keluar sertifikasi profesi setelah mengikuti ujian.

Untuk itu harapnya, melalui LSP ini hendaknya menambah mutu kelulusan murid dan mendapat jaminan bisa bekerja. Karena untuk saat ini, prestasi yang diraih SMKN 1 Pasir Penyu dari 2015 hingga 2016 ini sudah tidak diragukan lagi dan sudah mencapai 27 jenis penghargaan.

Kemudian untuk peningkatan mutu pembelajaran di SMKN 1 Pasir Penyu, pada Senin (3/10) juga telah dilaksanakan pembuatan rancangan pembelajaran teacing faktory (Tefa). ‘’Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program sekolah rujukan yang dibuka langsung oleh Kadisdik Inhu,” terangnya.(kas)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

H. SUKAT, SP, M.Si

Assalamualaikum Wr. Wb. Alhamdulillahi robbil alamin kami panjatkan kehadirat Allah SWT, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Jurusan Favorit Anda?

LIHAT HASIL